Blog post

Credit: Freepik.com

Date Published: 27 Oktober 2023

Tips Memilih Sunscreen untuk Pria: Panduan Lengkap Sesuai Jenis Kulit

   Sunscreen adalah salah satu produk perawatan kulit yang sebaiknya tidak pernah ditinggalkan, termasuk bagi pria. Rutinitas ini sangat penting karena paparan sinar UV dari matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit yang serius. Bukan hanya memicu munculnya tanda penuaan dini, pengaruh buruk lingkungan juga berpotensi meningkatkan risiko kanker kulit.

   Namun mengingat tekstur kulit pria berbeda dengan wanita, mendapatkan produk yang tepat kadang tidak selalu mudah. Terlebih, intensitas paparan sinar matahari kadang lebih besar karena umumnya pria lebih banyak melakukan kegiatan outdoor dibandingkan wanita. Agar tidak salah pilih produk, simak tips-tips yang dilansir dari laman Man Matters berikut ini:

Cara Memilih Sunscreen Pria Berdasarkan Jenis Kulit
Blog post

Credit: Freepik.com/freepic.diller

   Masing-masing orang memiliki kondisi kulit yang berbeda sehingga kebutuhannya juga berlainan. Karenanya, memahami jenis kulit adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips memilih sunscreen untuk pria berdasarkan jenis kulit:

1. Kulit Berminyak

   Sebagian besar pria memiliki kulit berminyak akibat aktivitas kelenjar sebaceous berlebih. Kesalahan memilih produk akan membuat kulit berjerawat dan tampak kusam. Karenanya, kamu membutuhkan sunscreen dengan bahan aktif yang mampu menyerap atau mengontrol produksi minyak. Sunscreen jenis ini biasanya mencantumkan keterangan "oil-free" atau "mattifying".

   Selain itu, sunscreen berbahan dasar gel atau cair biasanya lebih cocok untuk jenis kulit ini. Pastikan juga memilih produk yang tidak menyumbat pori-pori agar kulit tetap bernapas. Jika kulit mudah berjerawat, pilih produk dengan kandungan zinc oxide dan octinoxate dengan retinoid.

2. Kulit Kering

   Untuk pria yang kulitnya cenderung kering, pilih sunscreen dengan kandungan bahan pelembap seperti asam hyaluronic, gliserin, atau shea butter. Sunscreen dengan kandungan minyak yang lebih tinggi juga bisa membantu menjaga kelembaban kulit. Selain itu, hindari produk yang mengandung alkohol, karena alkohol bisa membuat kulit menjadi semakin kering.

3. Kulit Sensitif

   Kulit sensitif memerlukan sunscreen yang dirancang khusus untuk menghindari iritasi. Pilih produk yang bebas dari pewangi, pewarna, dan bahan kimia berpotensi iritasi. Sunscreen fisik dengan zinc oxide atau titanium dioxide seringkali lebih cocok untuk kulit sensitif, karena mereka cenderung lebih lembut dan kurang iritasi. Selain itu, pastikan produk tersebut bertuliskan "hypoallergenic" atau "for sensitive skin."

4. Kulit Kombinasi

   Kulit kombinasi adalah perpaduan dari kondisi kulit berminyak dan kering, sehingga membutuhkan sunscreen yang ringan dan non-comedogenic. Disarankan menggunakan produk berbahan dasar gel atau lotion yang cocok untuk seluruh wajah. Selain itu, perhatikan bahwa bagian wajah yang lebih kering mungkin memerlukan pelembap tambahan sebelum penggunaan sunscreen.

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan
Blog post

Credit: Freepik.com

   Selain pertimbangan berdasarkan jenis kulit, ada beberapa faktor penting lainnya yang perlu diperhatikan saat memilih sunscreen agar perlindungannya semakin maksimal. Berikut beberapa di antaranya:

1. Perhatikan Kandungan SPF

   SPF (Sun Protection Factor) adalah indikator seberapa baik sunscreen melindungi kulit dari sinar UVB, yang dapat menyebabkan terbakarnya kulit. Pilih produk dengan SPF yang sesuai dengan tingkat paparan sinar matahari. Jika tinggal di daerah yang sering terpapar sinar matahari, SPF 30 atau lebih tinggi disarankan.

   Untuk memberikan perlindungan maksimal, coba gunakan Sunscreen Spray dari MS GLOW for Men dengan kandungan SPF 45++. Tak hanya memberikan perlindungan terhadap UVA dan UVB, produk ini dirancang membantu melembutkan dan melembabkan kulit pria, serta cocok untuk semua jenis kulit.

2. Pilih yang Tahan Air

   Jika aktif di luar ruangan atau berencana berenang, pilih sunscreen yang tahan air. Ini akan membantu produk tetap efektif meskipun kamu berkeringat atau berada di dalam air. Selain itu, produk yang tahan air lebih direkomendasikan untuk pria karena mengeluarkan keringat lebih banyak dari wanita.

3. Pilih Tekstur Produk yang Tepat

   Tergantung pada jenis kulit, tekstur juga sangat berpengaruh pada hasil. Sunscreen berbentuk lotion seringkali lebih efektif dan tahan lama karena langsung menempel pada kulit. Meski demikian, bukan berarti tekstur krim atau semprotan bukan produk bagus. Hal paling utama adalah memastikan bahwa kamu mengaplikasikannya dalam jumlah yang cukup di seluruh wajah dan leher. Jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang sesuai rekomendasi.

   Berdasarkan ulasan di atas, bisa diketahui pentingnya memahami tips memilih sunscreen untuk pria. Bukan hanya untuk mempertahankan penampilan, produk yang tepat akan menghindarkan dari kerusakan serius dan risiko penyakit kronis. Jangan lupa memilih sesuai jenis kulit agar hasilnya maksimal!

BUY NOW

*untuk pembelian di seller terdekat & via COD