Blog post

Credit: Freepik.com/boryanam

Date Published: 31 Oktober 2023

Seberapa Penting Sunscreen untuk Pria? Ini 5 Alasan Harus Menggunakannya Secara Rutin

   Penggunaan sunscreen untuk pria adalah hal yang selama ini masih sering diabaikan. Hal ini berkaitan dengan masih kuatnya anggapan bahwa merawat diri adalah hal yang identik dengan perempuan. Ditambah lagi, pria biasanya enggan direpotkan dengan rutinitas skincare. Padahal, ternyata ada banyak alasan kuat mengapa pria juga perlu menggunakan tabir surya. Apa saja?

1. Kulit Pria Lebih Rentan Terpapar Masalah Lingkungan
Blog post

Credit: Freepik.com/master1305

   Melansir Heliocare, kulit pria ternyata lebih rentan terpapar sinar UV dan berbagai masalah lingkungan. Pasalnya, dibandingkan perempuan, umumnya laki-laki menjalani lebih banyak aktivitas luar ruangan, seperti olahraga, pekerjaan lapangan, dan lain-lain. Padahal, paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan dapat merusak DNA kulit dan menyebabkan berbagai masalah.

   Ditambah lagi, pria juga cenderung lebih berkeringat ketimbang perempuan. Meskipun keringat adalah cara tubuh untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil, ini juga dapat menyebabkan efek samping negatif. Keringat dapat mengurangi efektivitas tabir surya dan melelehkannya dari kulit, sehingga meningkatkan risiko terbakarnya kulit oleh sinar matahari.

2. Menjaga Kulit Tetap Cerah dan Sehat
Blog post

Credit: Freepik.com

   Meskipun kulit pria umumnya lebih tebal daripada kulit perempuan, ini tidak berarti bahwa mereka tidak perlu perhatian khusus. Penelitian telah menunjukkan bahwa kemampuan kulit pria untuk memulihkan diri lebih lambat dibandingkan dengan kulit perempuan. Oleh karena itu, menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi dari kerusakan lingkungan adalah suatu keharusan.

   Tabir surya bukan hanya untuk mencegah kulit terbakar oleh matahari, tetapi juga untuk mencegah kerusakan kulit yang lebih dalam. Paparan berlebihan terhadap sinar matahari dapat mengakibatkan penuaan dini, seperti kerutan, garis-garis halus, dan bintik-bintik usia. Tabir surya membantu kulit untuk tetap cerah dan sehat dengan melindunginya dari kerusakan ini.

3. Membantu Mencegah Tanda Penuaan Dini
Blog post

Credit: Freepik.com

   Tidak ada yang bisa menghentikan penuaan, namun setidaknya kita bisa mengurangi tanda-tanda penuaan yang muncul lebih awal dari seharusnya. Sinar UV adalah salah satu penyebab utama penuaan dini, seperti kerutan dan kulit kendur. Penggunaan tabir surya secara teratur sejak dini adalah langkah pertama dalam melindungi diri dari efek buruk sinar matahari pada kulit.

4. Menjaga Kulit Tetap Terhidrasi
Blog post

Credit: Freepik.com

   Kulit yang sehat adalah kulit yang terhidrasi dengan baik. Terlepas dari jenis kelamin, kulit yang dehidrasi cenderung terlihat kusam, kering, dan lebih rentan terhadap masalah kulit. Tabir surya bukan hanya melindungi kulit dari sinar UV, tetapi juga membantu menjaga kelembaban kulit dengan meminimalisir penguapan air dari kulit.

   Penggunaan tabir surya dengan formula yang mengandung pelembap tambahan adalah langkah yang bijak untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Ini juga membantu mengurangi efek negatif sinar matahari pada kelembaban kulit.

5. Menurunkan Risiko Kanker dan Penyakit Kronis Lainnya
Blog post

Credit: Freepik.com

   Paparan berlebihan terhadap sinar UV juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit, termasuk kanker sel basal dan kanker sel skuamosa. Ini adalah risiko yang harus dipertimbangkan oleh semua orang, terlepas dari jenis kelamin. Dengan penggunaan tabir surya yang konsisten, siapapun dapat membantu melindungi diri dari risiko ini.

   Selain kanker kulit, paparan berlebihan terhadap sinar UV juga dapat meningkatkan risiko penyakit kulit lainnya, seperti melasma, rosacea, dan kerusakan kulit yang mengarah pada masalah serius. Tabir surya adalah langkah pertama dalam pencegahan.

   Berdasarkan ulasan di atas, bisa diketahui betapa pentingnya sunscreen untuk pria. Sinar matahari, polusi, dan masalah lingkungan tidak mengenal jenis kelamin, dan siapapun berhak untuk tetap terlindungi. Bagi yang enggan ribet, coba Sunscreen Spray dari MS GLOW for Men yang praktis dan tinggal disemprot. Tak hanya melindungi dari paparan UV, bahan aktif Avena Strigosa Seed Extract di dalamnya juga membantu merawat kulit agar lebih sehat.

BUY NOW

*untuk pembelian di seller terdekat & via COD