Mengenal Licorice Extract, Senyawa Alami dengan Segudang Manfaat

Licorice Extract/Freepik.com
Licorice Extract/Freepik.com

Pernah mendengar nama licorice? Bagi yang belum tahu, licorice extract, atau ekstrak akar manis, adalah bahan alami yang telah digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit selama berabad-abad. Di samping memberikan rasa manis pada makanan dan minuman, licorice juga memiliki sejumlah manfaat yang menakjubkan untuk kesehatan kulit. Mau tahu lebih jauh? Yuk simak apa itu licorice extract, karakteristik dan sifatnya, potensi dan manfaatnya, penggunaannya sebagai bahan skincare pria!

Apa Itu Licorice Extract?

Licorice Extract/Freepik.com
Licorice Extract/Freepik.com

Licorice extract adalah ekstrak yang diambil dari akar tanaman Glycyrrhiza glabra, yang dikenal sebagai akar manis atau licorice. Tanaman ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai budaya di seluruh dunia karena memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antimikroba.

Karakteristik dan Sifat

Licorice Extract/Freepik.com
Licorice Extract/Freepik.com

Licorice extract memiliki sifat yang menakjubkan untuk kesehatan kulit, termasuk kemampuannya untuk mengurangi peradangan, menghambat produksi melanin, dan menyamarkan bintik-bintik gelap atau noda pada kulit. Selain itu, licorice extract juga dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebihan, menjaga kelembapan kulit, dan mempercepat proses penyembuhan kulit.

Potensi dan Manfaat

Licorice Extract/Freepik.com
Licorice Extract/Freepik.com

Licorice extract memiliki sejumlah manfaat yang dapat dirasakan oleh pria dalam perawatan kulit mereka. Beberapa manfaat utamanya meliputi:

  • Mencerahkan Kulit: Licorice extract dapat membantu mengurangi produksi melanin dan menyamarkan bintik-bintik gelap atau noda pada kulit, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan merata.
  • Mengurangi Peradangan: Sifat anti-inflamasi licorice extract dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, seperti jerawat atau dermatitis, dan mengurangi kemerahan dan iritasi.
  • Mengontrol Produksi Minyak: Licorice extract dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebihan pada kulit, sehingga membantu mengatasi masalah kulit berminyak dan mencegah timbulnya jerawat.
  • Menyamarkan Tanda Penuaan: Kandungan antioksidan dalam licorice extract dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan.

Di dunia kosmetik, awalnya licorice extract ini diperkenalkan sebagai bahan pelembab bibir yang membantu mengatasi kekeringan dan pecah-pecah. Namun seiring waktu, penggunaannya semakin meluas.

Penggunaan Sebagai Bahan Skincare Pria

Maskulin 2in1 Body Lotion and Perfume/MS GLOW FOR MEN
Maskulin 2in1 Body Lotion and Perfume/MS GLOW FOR MEN

Licorice extract sering kali digunakan sebagai bahan aktif dalam produk skincare pria, seperti cleanser, toner, serum, dan pelembap. Produk-produk yang mengandung licorice extract dapat membantu pria dalam menjaga kesehatan dan penampilan kulit mereka, terutama jika mereka memiliki masalah seperti kulit kusam, jerawat, atau hiperpigmentasi.

Manfaat licorice extract ini juga bisa MsBro dapatkan dalam produk Maskulin 2in1 Body Lotion and Perfume dari MS GLOW FOR MEN. Body lotion yang ringan dan cepat meresap ini dapat membantu menutrisi dan melembabkan kulit sehingga tampak cerah, sehat dan segar. Aroma Baccarat Perfume yang segar juga bakal membuat MsBro merasa percaya diri sepanjang hari.

Adakah Efek Sampingnya?

Licorice Extract/Freepik.com
Licorice Extract/Freepik.com

Secara umum, licorice extract dianggap aman digunakan pada kulit ketika digunakan dalam jumlah yang wajar. Namun, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi atau iritasi kulit setelah menggunakan produk yang mengandung licorice extract. Jika MsBro memiliki kulit sensitif atau rentan terhadap reaksi alergi, disarankan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu pada area kecil kulit sebelum mengaplikasikan produk secara keseluruhan.

Bisa disimpulkan bahwa licorice extract adalah bahan alami yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit pria. Namun, seperti halnya dengan semua produk perawatan kulit, penting untuk menggunakan licorice extract dengan bijak dan memperhatikan reaksi kulit. Dengan perawatan yang tepat, licorice extract dapat menjadi tambahan yang berharga dalam rutinitas perawatan kulit untuk mencapai kulit yang sehat dan bercahaya.