Blog post

Date Published: 17 Oktober 2022

5 Manfaat Dada Ayam untuk Para Pegiat Olahraga

   Sebagai salah satu bahan makanan yang paling sering jadi pilihan, ayam juga sangat populer di kalangan binaragawan dan kelompok masyarakat yang sedang ingin menurunkan berat badan karena merupakan sumber protein yang tinggi dan rendah lemak. Ayam memiliki bagian-bagian tubuh yang berbeda kandungannya, termasuk sumber proteinnya. Ada dada ayam, paha atas, paha bawah, dan juga sayap, dan dari semua itu, bagian dada menjadi yang paling populer bagi para pegiat olahraga yang ingin membentuk massa tubuh lebih kuat dan berotot.

Fakta Kandungan Gizi dan Vitamin dalam Ayam

   Ayam jadi salah satu bahan makanan yang paling sering dipilih, terutama di Indonesia. Secara umum Ayam menjadi populer di Indonesia karena hewan yang satu ini mudah dipelihara dan juga mudah didapat, serta harganya terjangkau bagi banyak kalangan masyarakat. Daging ayam juga terbilang cukup mudah diolah, hal ini terbukti dengan banyaknya berbagai macam masakan yang ada di Indonesia.

   Daging Ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Dagingnya banyak mengandung vitamin B6, yang diperlukan tubuh untuk metabolisme dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ayam bisa memberikan hampir 36% dari seluruh kebutuhan harian vitamin B6. Selain itu Ayam juga memberikan asupan asam amino yang tidak diproduksi sendiri oleh tubuh. Asam amino ini juga merupakan sumber zinc, yang digunakan tubuh dalam pembentukan hormon.

   Kandungan vitamin B3 atau Niacin juga sangat tinggi ditemukan dalam daging ayam, hingga hampir 72% dari total kebutuhan harian tubuh kita. Vitamin ini diperlukan untuk metabolisme makanan, megambil energi dari makanan, dan menjaga fungsi sistem pencernaan tubuh serta kulit dan juga saraf.

   Kekurangan asupan vitamin B3 dapat membuat tubuh mengalami berbagai kondisi, salah satunya Pellagra. Pellagra merupakan sebuah penyakit sistemik yang dihasilkan dari defiensi vitamin B3 atau Niacin yang parah ditandai dengan diare, dermatitis, hiper pigmentasi, radang mulut dan lidah, demensia, bahkan kematian. Sementara itu, pada daging ayam terdapat selenium. Selenium adalah mineral yang diperlukan untuk fungsi kekebalan tubuh yang tepat, kesehatan tiroid dan kesuburan.

Dada Ayam yang Populer di Kalangan Pegiat Olah Raga

   Dada ayam adalah potongan bagian ayam yang paling rendah lemaknya, tapi memiliki sumber protein yang tinggi. Dalam 100 gram dada ayam tanpa kulit yang sudah matang mengandung 28 sampai 31 gram protein dan memiliki 158 sampai 170 kalori, 80% kalorinya berasal dari protein dan 20% kalorinya berasal dari lemak. Di samping itu masih ada kandungan lain seperti fosfor, Vitamin B12, riboflavin, tiamin, kalium dan tembaga.

Manfaat Konsumsi dada Ayam bagi Pegiat Olah Raga

   Tidak semua olahan daging ayam cocok untuk mengoptimalkan manfaat dari dada ayam apalagi bagi para binaragawan. Teknik memasak juga dapat mempengaruhi kelengkapan nutrisi pada dada ayam. Kandungan nutrisi dari dada ayam tergantung pada faktor – faktor tertentu, seperti ukuran porsi dan bahan tambahan yang ada di dalamnya.

Manfaat mengonsumsi dada ayam untuk pegiat olahraga dan pada umumnya di antaranya:

  1. Membangun massa otot

       Saat mengonsumsi dada ayam, kandungan protein di dalamnya akan diolah menjadi asam amino. Zat ini kemudian akan digunakan tubuh untuk membentuk sel–sel dan jaringan tubuh, termasuk jaringan otot. Ini menjadi salah satu alasan mengapa dada ayam cukup sering dikonsumsi oleh para atlet atau orang yang sedang membangun massa dan kekuatan otot. Asupan protein yang tercukupi juga dapat mencegah terjadinya sarcopenia, yaitu kondisi hilangnya massa otot akibat proses penuaan.

  2. Menekan rasa lapar dan nafsu makan

       Diet tinggi protein, misalnya dengan mengonsumsi dada ayam, bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Ini dikarenakan makanan tinggi protein dapat meningkatkan peptida YY, yaitu hormon yang membuat tubuh merasa kenyang. Selain itu, protein juga dapat menekan produksi hormon ghrelin yang menimbulkan rasa lapar.

  3. Menjaga kesehatan tulang

       Tulang bisa mudah keropos dan melemah seiring bertambahnya usia. Selain itu, kurangnya asupan gizi, seperti kalsium dan protein diketahui dapat membuat tulang lebih mudah patah. Riset menyatakan bahwa tercukupinya asupan protein dapat menjaga kepadatan tulang dan menurunkan risiko terjadinya osteoporosis pada lansia, terutama wanita yang telah menopause.

  4. Meningkatkan metabolisme

       Pola makan tinggi protein dapat membuat metabolisme di dalam tubuh meningkat. Dengan mengonsumsi makanan tinggi protein seperti dada ayam, tubuh akan membakar sekitar 80 kalori lebih banyak . Namun jika memanfaatkan dada ayam untuk menurunkan berat badan kita juga perlu iringi dengan olahraga intensitas tinggi seperti Muay Thai.

  5. Menjaga agar tubuh tetap fit

       Dada ayam mengandung banyak kalori dan protein. Kalori yang tinggi pada dada ayam dapat diolah menjadi energi, sehingga tubuh tetap bertenaga saat menjalani aktivitas sehari–hari. Protein sendiri juga baik dkonsumsi untuk meningkatkan stamina atau kebugaran tubuh, terutama bagi yang sering menjalani aktivitas fisik berat dan sering berolahraga.
       Nah, itu tadi manfaat dada ayam untuk pegiat olahraga. Agar tetap sehat saat mengonsumsi dada ayam, pilihlah dada ayam tanpa kulit, dan usahakan untuk tidak menggorengnya karena bisa menambah jumlah minyak dan lemak di dalamnya, juga berkurangnya gizi pada dada ayam. Sebagai cara alternatif untuk memasak dada ayam, MsBro bisa memanggang, merebus, atau mengukusnya. Tentukan juga porsi dada ayam sesuai dengan kebutuhan.
       Bicara tentang asupan protein, MSKULIN punya satu produk tinggi protein, yaitu PRO WHEY yang merupakan pangan tambahan yang diperuntukkan bagi olahragawan. Produk ini diformulasikan tinggi energi protein, dengan rasa vanilla atau coklat. MSKULIN PRO WHEY direkomendasikan untuk olahragawan dengan kinerja otot yang besar, seperti binaraga, angkat besi, sprint, orah raga air seperti dayung dan renang, olahraga tarung, dan yang lainnya.

BUY NOW

*untuk pembelian di seller terdekat & via COD