Kenapa Bisa Muncul Jerawat di Kulit Kepala? Begini Penjelasannya

Jerawat di Kulit Kepala
Jerawat di Kulit Kepala/Freepik.com

Di antara sekian banyak lokasi yang memungkinkan, jerawat di kulit kepala mungkin tidak sepopuler jerawat di wajah. Karena umumnya berukuran kecil dan tak terlihat langsung, kondisi ini tidak banyak dikeluhkan. Namun bukan berarti jerawat di kepala sama sekali tidak mengganggu. Benjolan di sela-sela rambut bisa saja menyebabkan rasa gatal, nyeri, dan bahkan infeksi jika tidak ditangani dengan baik.

Sama seperti kondisi inflamasi lainnya, jerawat di kepala juga perlu mendapat perhatian cukup karena hal ini bisa saja menjadi tanda bahwa ada yang tidak beres dengan kulit kepala. Dalam artikel ini, kita akan mengenal tanda-tanda, penyebab, jenis, dan cara penanganan jerawat di kulit kepala dapat membantu mencegah dan mengatasinya dengan lebih efektif.

Tanda-Tanda Jerawat Kulit Kepala

Jerawat di Kulit Kepala
Jerawat di Kulit Kepala/Freepik.com

Jerawat di kulit kepala biasanya muncul dalam bentuk benjolan kecil yang bisa berwarna merah atau putih. Hal ini seringkali menyebabkan rasa gatal yang cukup mengganggu. Selain itu, dalam beberapa kasus, benjolan jerawat yang meradang dapat menyebabkan rasa nyeri, terutama saat menyisir rambut atau mencuci kepala. Terkadang, jerawat di kulit kepala bisa disertai dengan kerak atau sisik yang mirip dengan ketombe.

Penyebab

Jerawat di Kulit Kepala
Jerawat di Kulit Kepala/Freepik.com

Jika kondisinya cukup parah dan peradangannya cukup besar, MsBro bisa saja mengalami sakit kepala dan rasa tidak nyaman. Adapun jerawat di kulit kepala dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:

  1. Produksi Minyak Berlebih: Kelenjar sebaceous di kulit kepala dapat menghasilkan terlalu banyak minyak (sebum), yang dapat menyumbat folikel rambut dan menyebabkan jerawat.
  2. Bakteri: Bakteri seperti Propionibacterium acnes dapat tumbuh berlebihan di kulit kepala dan menyebabkan infeksi serta peradangan.
  3. Produk Perawatan Rambut: Beberapa produk perawatan rambut, seperti shampoo, kondisioner, dan gel rambut, dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.
  4. Keringat Berlebih: Keringat yang berlebihan, terutama setelah berolahraga, dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat di kulit kepala.
  5. Hormonal: Perubahan hormon, terutama selama masa pubertas, menstruasi, atau stres, dapat mempengaruhi produksi minyak dan menyebabkan jerawat.
  6. Kebersihan yang Buruk: Jarang mencuci rambut atau menggunakan topi yang kotor dapat menyebabkan penumpukan kotoran dan minyak, yang memicu jerawat.

Untuk mencegahnya muncul, sangat penting untuk memahami akar masalahnya. Disarankan MsBro selalu menjaga kebersihan area kepala dengan cara keramas secara teratur dan memperhatikan kandungan produk perawatan rambut yang digunakan.

Penanganan

Jerawat di Kulit Kepala
Jerawat di Kulit Kepala/Freepik.com

Mengatasi jerawat di kulit kepala memerlukan pendekatan yang berbeda dibandingkan dengan jerawat di wajah. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa diambil untuk menangani jerawat di kulit kepala:

  1. Jaga Kebersihan Kulit Kepala: Cuci rambut secara teratur dengan shampoo yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit kepala.
  2. Hindari Produk yang Menyumbat Pori: Pilih produk perawatan rambut yang tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menyumbat pori-pori.
  3. Gunakan Shampoo Anti-Jerawat: Shampoo yang mengandung bahan seperti asam salisilat atau sulfur dapat membantu mengatasi jerawat di kulit kepala.
  4. Hindari Menggaruk: Menggaruk jerawat dapat menyebabkan infeksi dan memperburuk kondisi.
  5. Perhatikan Pola Makan: Makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih.
  6. Konsultasikan dengan Dokter: Jika jerawat di kulit kepala tidak kunjung sembuh atau semakin parah, konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Jerawat di kulit kepala mungkin tidak terlihat, tetapi bisa sangat mengganggu dan menyebabkan ketidaknyamanan. Dengan mengenali tanda-tanda, penyebab, jenis, dan cara penanganan jerawat di kulit kepala, MsBro dapat mencegah dan mengatasi masalah ini dengan lebih efektif. Jaga kebersihan kulit kepala, pilih produk perawatan yang tepat, dan konsultasikan dengan dokter kulit jika diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan mencegah jerawat.