7 Faktor yang Diam-Diam Memicu Munculnya Blackhead pada Kulit

Pemicu Blackhead/Freepik.com
Pemicu Blackhead/Freepik.com

Masalah kulit seperti blackhead atau komedo hitam sering kali menjadi momok yang mengganggu penampilan. Blackhead terbentuk ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sebum, kotoran, dan sel kulit mati yang kemudian teroksidasi dan menjadi hitam. Hal ini jelas mempengaruhi penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Komedo hitam sendiri dipicu oleh berbagai macam faktor. Bahkan kadang, meski terlihat sepele, ternyata ada banyak kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari bisa memicu munculnya kondisi ini. Sebelum bertambah parah, yuk pahami faktor-faktor yang diam-diam memicu munculnya blackhead pada kulit berikut ini!

1. Jarang Cuci Muka

Pemicu Blackhead/Freepik.com
Pemicu Blackhead/Freepik.com

Salah satu penyebab utama munculnya blackhead adalah kebiasaan jarang mencuci muka, terutama setelah beraktivitas di luar ruangan. Debu, polusi, dan kotoran dari lingkungan luar menempel pada kulit dan menyumbat pori-pori. Jika tidak segera dibersihkan, kotoran ini akan bercampur dengan minyak alami kulit, membentuk blackhead.

2. Bepergian atau Aktivitas di Luar

Pemicu Blackhead/Freepik.com
Pemicu Blackhead/Freepik.com

Bepergian jauh, terutama dengan menggunakan transportasi umum, dapat meningkatkan risiko paparan polusi dan debu. Perubahan iklim dan lingkungan juga dapat mempengaruhi kondisi kulit. Kulit yang terpapar polusi dan perubahan suhu ekstrim cenderung lebih mudah berminyak dan mengalami penumpukan kotoran di pori-pori. Oleh karena itu, penting untuk tetap menjaga kebersihan wajah dengan mencuci muka secara rutin, terutama setelah melakukan perjalanan jauh.

3. Salah Pilih Sunscreen

Pemicu Blackhead/Freepik.com
Pemicu Blackhead/Freepik.com

Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang wajib digunakan untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Namun, penggunaan sunscreen yang tidak sesuai dengan jenis kulit dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu blackhead. Pilihlah sunscreen yang non-komedogenik dan sesuai dengan jenis kulit.

Sunscreen yang terlalu berminyak dapat menyebabkan produksi sebum berlebih dan menyumbat pori-pori, sehingga penting untuk memilih tabir surya yang tepat.Sebagai rekomendasi, gunakan Sunscreen Spray dari MS GLOW FOR MEN yang terbukti aman terpercaya.

4. Kelebihan Asupan Karbohidrat Olahan

Pemicu Blackhead/Freepik.com
Pemicu Blackhead/Freepik.com

Diet yang kaya akan karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta, dan makanan manis dapat mempengaruhi kondisi kulit. Karbohidrat olahan dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang memicu produksi insulin. Peningkatan insulin ini dapat meningkatkan produksi sebum, yang kemudian dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan blackhead.

5. Stress

Pemicu Blackhead/Freepik.com
Pemicu Blackhead/Freepik.com

Stress adalah faktor yang sering kali diabaikan tetapi memiliki dampak besar pada kesehatan kulit. Ketika stres, tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat meningkatkan produksi minyak di kulit. Peningkatan produksi sebum ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan blackhead.

6. Penggunaan Ponsel Berlebihan

Pemicu Blackhead/Freepik.com
Pemicu Blackhead/Freepik.com

Ponsel adalah salah satu benda yang sering kita gunakan sehari-hari dan menjadi sarang kuman. Penggunaan ponsel yang berlebihan dapat mentransfer kuman dan kotoran dari layar ponsel ke wajah, terutama jika sering menyentuh wajah setelah menggunakan ponsel. Kuman dan kotoran ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan blackhead. Membersihkan layar ponsel secara rutin dan menghindari menyentuh wajah saat menggunakan ponsel adalah langkah penting untuk mencegah masalah ini.

7. Rokok

Pemicu Blackhead/Freepik.com
Pemicu Blackhead/Freepik.com

Merokok atau terpapar asap rokok dapat merusak kesehatan kulit. Zat-zat kimia dalam asap rokok dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan blackhead serta berbagai masalah kulit lainnya. Merokok juga dapat mengurangi aliran darah ke kulit, mengurangi suplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk tetap sehat.

Gaya hidup yang tampaknya biasa saja ternyata dapat memiliki dampak besar pada kesehatan kulit, khususnya dalam memicu munculnya blackhead. Untuk menghindari dan mengatasi blackhead, penting untuk memperhatikan kebiasaan sehari-hari dan melakukan perawatan kulit yang tepat.