Mitos atau Fakta, Benarkah Pasta Gigi Bisa Membantu Meredakan Jerawat?

Pasta Gigi untuk Meredakan Jerawat
Pasta Gigi untuk Meredakan Jerawat/Freepik.com

Selama bertahun-tahun, banyak orang telah percaya bahwa pasta gigi dapat digunakan sebagai solusi cepat untuk menghilangkan jerawat. Ide ini muncul dari anggapan bahwa beberapa bahan dalam pasta gigi memiliki sifat antibakteri dan pengeringan yang dapat membantu mengatasi jerawat. Namun, apakah benar pasta gigi bisa membantu meredakan jerawat jerawat atau justru bisa membahayakan kulit? Mari kita telusuri lebih lanjut.

Menempelkan Pasta Gigi pada Jerawat Justru Membahayakan Kulit

Pasta Gigi untuk Meredakan Jerawat
Pasta Gigi untuk Meredakan Jerawat/Freepik.com

Pada masa lalu, banyak formula pasta gigi mengandung bahan kimia yang disebut triclosan yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun, penggunaan triclosan dalam produk konsumen telah dikurangi atau dihilangkan karena kekhawatiran tentang keamanannya dan potensi efek sampingnya. Selain itu, beberapa bahan lain yang sering ditemukan dalam pasta gigi, seperti baking soda, alkohol, dan hydrogen peroxide, memang dikenal dapat mengeringkan kulit, yang mungkin dapat membantu mengurangi ukuran jerawat untuk sementara waktu.

Namun, penting untuk dicatat bahwa kulit wajah jauh lebih sensitif daripada gigi. Bahan-bahan yang terdapat dalam pasta gigi tidak dirancang untuk digunakan pada kulit dan dapat menyebabkan iritasi. Penggunaan pasta gigi pada jerawat mungkin memberikan efek pengeringan sementara, tetapi ini bukanlah solusi jangka panjang yang aman atau efektif.

Efek yang Ditimbulkan Hanya Semu

Pasta Gigi untuk Meredakan Jerawat
Pasta Gigi untuk Meredakan Jerawat/Freepik.com

Menurut Dr. Tsippora Shainhouse, seorang dermatolog bersertifikat, melansir Healthline, menthol dalam pasta gigi dapat menciptakan sensasi dingin dan menyengat yang mungkin sementara mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada jerawat. Namun, ini hanya memberikan efek semu dan tidak benar-benar mengobati jerawat. Efek ini bisa membuat seseorang merasa bahwa jerawat sedang membaik, padahal sebenarnya tidak ada perubahan signifikan pada penyebab dasar jerawat tersebut.

Dampak Menggunakan Pasta Gigi pada Jerawat

Pasta Gigi untuk Meredakan Jerawat
Pasta Gigi untuk Meredakan Jerawat/Freepik.com

Menggunakan pasta gigi pada jerawat sebenarnya bisa membawa beberapa dampak negatif bagi kulit. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Mengiritasi Kulit: Bahan-bahan seperti baking soda dan hydrogen peroxide dapat menyebabkan iritasi pada kulit, terutama kulit wajah yang lebih sensitif. Iritasi ini bisa memicu kemerahan, gatal, dan bahkan luka bakar ringan pada kulit.
  2. Kulit Jadi Kering: Alkohol dan baking soda dalam pasta gigi dapat mengeringkan kulit secara berlebihan. Kulit yang terlalu kering akan memproduksi lebih banyak minyak untuk mengkompensasi kekeringan tersebut, yang pada akhirnya bisa menyebabkan lebih banyak jerawat.
  3. Gangguan pada Barrier Kulit: Penggunaan pasta gigi secara berulang pada kulit dapat mengganggu barrier kulit alami, yang berfungsi melindungi kulit dari iritasi dan infeksi. Ketika barrier ini rusak, kulit menjadi lebih rentan terhadap berbagai masalah kulit lainnya.

Sebaiknya Gunakan Perawatan Kulit yang Tepat

Pasta Gigi untuk Meredakan Jerawat
Pasta Gigi untuk Meredakan Jerawat/Freepik.com

Untuk mengatasi jerawat dengan aman dan efektif, penting untuk menggunakan produk yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah ini. Berikut beberapa tips perawatan kulit yang lebih baik untuk mengatasi jerawat:

  1. Pembersih Wajah yang Lembut: Gunakan pembersih wajah yang lembut dan bebas dari bahan kimia keras untuk membersihkan kulit tanpa menyebabkan iritasi.
  2. Toner dengan Bahan Anti-Bakteri: Toner yang mengandung bahan seperti salicylic acid atau tea tree oil dapat membantu mengurangi bakteri penyebab jerawat.
  3. Krim Jerawat: Produk yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan jerawat.
  4. Pelembap yang Tidak Menyumbat Pori: Pilih pelembap yang non-comedogenic untuk menjaga kulit tetap terhidrasi tanpa menyumbat pori-pori.
  5. Konsultasi dengan Dermatolog: Jika jerawat Anda parah atau tidak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasikan dengan dermatolog untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Meskipun menggunakan pasta gigi pada jerawat mungkin terdengar seperti solusi cepat yang efektif, kenyataannya hal ini bisa lebih banyak merugikan daripada menguntungkan. Menggunakan produk perawatan kulit yang tepat dan dirancang khusus untuk mengatasi jerawat adalah cara terbaik untuk menjaga kulit tetap sehat dan bebas dari jerawat.

Jika mengalami masalah jerawat, gunakan rangkaian paket komplit MS GLOW FOR MEN. Cuci muka dengan Energizer Facial Wash, lalu lanjutkan dengan Energy Bright Cream dan Suncreen Spray pada pagi hingga sore hari. Malam hari setelah cuci muka, gunakan Energy Serum yang terbukti aman terpercaya merawat kulit berjerawat.