Benarkah Pakai Pomade Setiap Hari Bisa Bikin Rambut Rontok? Begini Faktanya!

Benarkah Pomade Bikin Rambut Rontok/Freepik.com
Benarkah Pomade Bikin Rambut Rontok/Freepik.com

Penggunaan pomade kini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat luas. Tidak heran, produk ini dianggap sebagai inovasi cerdas di bidang penataan rambut, yang memungkinkan semua orang mendapatkan gaya rambut sesuai keinginan tanpa harus berkali-kali retouch. Meski demikian, di balik popularitasnya, ada sebagian kalangan yang menudingnya sebagai biang masalah rambut dan kulit kepala jika digunakan terlalu sering.

Memang, rambut rontok adalah masalah umum yang sering kali membuat banyak orang was-was. Ditambah lagi, pomade memang memberikan efek rambut yang kaku demi tujuan estetika, dan seringkali sisa produk sulit dibersihkan sehingga muncul masalah tertentu. Namun benarkah pakai pomade setiap hari bisa bikin rambut rontok? Cek dulu informasinya!

1. Pahami Penyebab Rambut Rontok

Benarkah Pomade Bikin Rambut Rontok/Freepik.com
Benarkah Pomade Bikin Rambut Rontok/Freepik.com

Sebelum membahas peran pomade dalam rambut rontok, penting untuk memahami faktor-faktor umum yang dapat memengaruhi kesehatan rambut. Rambut rontok bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, termasuk genetika, pola makan, perawatan rambut yang tidak tepat, stres, dan perubahan hormonal.

2. Bahan, Sifat, dan Cara Kerja Pomade

Playmaker Pomade/MS GLOW FOR MEN
Playmaker Pomade/MS GLOW FOR MEN

Pomade adalah produk perawatan rambut yang digunakan untuk memberikan tampilan gaya yang rapi dan teratur. Beberapa pomade mengandung bahan-bahan seperti lilin, minyak, dan bahan kimia tertentu yang memberikan tekstur dan kelembutan pada rambut. Pomade bekerja dengan membungkus setiap helai rambut, memberikan kilau, dan membantu menjaga gaya rambut tetap tahan lama.

3. Tidak Ada Bukti Kuat Bahwa Pomade Memicu Kerontokan

Benarkah Pomade Bikin Rambut Rontok/Freepik.com
Benarkah Pomade Bikin Rambut Rontok/Freepik.com

Meskipun mungkin ada cerita atau mitos di sekitar bahwa pomade dapat menyebabkan rambut rontok, tidak ada bukti ilmiah yang kuat untuk mendukung klaim ini. Bahan-bahan yang umumnya terdapat dalam pomade, seperti lilin dan minyak, tidak secara intrinsik menyebabkan kerontokan rambut.

Penelitian tentang hubungan antara penggunaan pomade dan rambut rontok masih terbatas. Namun, sebagian besar ahli setuju bahwa kerontokan rambut lebih mungkin dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, seperti faktor genetika atau pola perawatan rambut yang kurang tepat.

Dalam beberapa kasus, kerontokan rambut memang dialami oleh pengguna pomade. Meski demikian, penyebab utamanya bukan dari produk itu sendiri, melainkan dari cara pengaplikasian maupun pembersihan yang kasar sehingga merusak rambut dan kulit kepala.

4. Pomade Generasi Terkini Justru Menutrisi Rambut

Playmaker Pomade/MS GLOW FOR MEN
Playmaker Pomade/MS GLOW FOR MEN

Industri perawatan rambut terus berkembang, dan produsen pomade modern semakin memahami pentingnya menciptakan produk yang tidak hanya memberikan tampilan gaya yang baik tetapi juga merawat kesehatan rambut. Banyak pomade terkini dirancang dengan formula yang lebih ringan, mengandung bahan-bahan yang lebih baik, dan bahkan menawarkan manfaat nutrisi untuk rambut.

Banyak pomade modern mengandung bahan-bahan seperti vitamin, protein, dan ekstrak alami yang diklaim dapat memberikan nutrisi pada batang rambut dan kulit kepala. Beberapa pomade bahkan dirancang khusus untuk membantu menjaga kelembaban rambut dan melindunginya dari kerusakan lingkungan.

Berdasarkan ulasan di atas, bisa disimpulkan bahwa tidak ada bukti yang kuat untuk mendukung klaim bahwa pomade secara langsung menyebabkan rambut rontok. Seperti halnya dengan produk perawatan lainnya, penggunaan pomade sebaiknya dilakukan dengan bijaksana dan sesuai petunjuk penggunaan. Pastikan untuk memilih pomade yang sesuai dengan jenis rambut dan kebutuhan Anda.

Untuk mendapatkan hasil terbaik tanpa khawatir rambut rontok dan bermasalah, coba gunakan Playmaker Pomade dari MS GLOW FOR MEN. Diperkaya dengan aloevera extract, ginseng extract, dan panthenol, pomade ini membantu melembabkan kulit kepala dan membantu mempertahankan rambut tetap kuat dan sehat. Tampilan yang perfect bakal membuat MsBro semakin percaya diri. Namun jika MsBro mengalami masalah rambut rontok atau kehilangan rambut yang signifikan, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli dermatologi atau profesional kesehatan.