Blog post

Credit: Unsplash.com/Hair Spies

Date Published: 27 Oktober 2023

4 Jenis Pomade Beserta Penggunaannya, Pilih yang Mana Nih?

   Tahu enggak sih bahwa jenis pomade ada bermacam-macam? Dianggap sebagai produk andalan untuk mendukung penampilan, ternyata setiap tipe memiliki fungsi dan penggunaan yang berbeda. Masing-masing memiliki efek yang berbeda dalam hal gaya, tekstur, hingga kilau pada rambut. Jadi, produk seperti apa yang sebaiknya kamu pilih? Berikut penjelasan jenis-jenis pomade beserta penggunaannya:

1. Oil-Based Pomade
Blog post

Credit: MS GLOW for Men

   Oil-based pomade, atau pomade berbasis minyak, adalah jenis klasik yang memiliki kilau tinggi dan tahan lama. Produk ini biasanya terbuat dari minyak seperti minyak vaseline atau minyak kelapa, yang memberikan kilau yang berlimpah pada rambut.

   Pomade berbasis minyak sangat efektif dalam memberikan kontrol yang kuat terhadap rambut, menjadikannya pilihan populer untuk gaya rambut yang memerlukan penahanan kuat. Produk ini juga cocok digunakan oleh mereka yang banyak beraktivitas di luar ruangan atau memiliki rambut sulit diatur.

   Meski demikian, pomade ini mungkin cenderung sulit dicuci dari rambut dan memerlukan sampo khusus. Beberapa orang juga menganggapnya terlalu berat sehingga mungkin menimbulkan rasa tidak nyaman. Karenanya, kamu perlu memilih produk yang tepat dan bernutrisi agar tidak muncul masalah baru.

   Rekomendasi produk yang bisa dicoba adalah Playmaker Oil-Based Pomade dari MS GLOW for Men. Produk ini mengandung aloe vera extract, ginseng extract, dan panthenol yang membantu melembabkan kulit kepala. Formulanya disesuaikan mirip dengan sebum di kulit kepala sehingga meminimalisir risiko iritasi.

2. Water-Based Pomade
Blog post

Credit: MS GLOW for Men

   Untuk yang merasa kurang nyaman dengan produk berbasis minyak, water-based Pomade adalah alternatif yang lebih modern dan mudah dibersihkan. Berbeda dengan pomade oil-based, produk ini lebih ringan saat dipakai, tidak mengandung minyak berlebih dengan residu minimal.

   Beberapa produk memberikan efek matte, yaitu menampilkan finishing tanpa kilau pada rambut. Karenanya, produk ini cocok untuk gaya rambut yang lebih rapi dan kasual. Meskipun memberikan kilau yang lebih rendah daripada pomade berbasis minyak, water-based tetap memberikan kontrol yang baik dan fleksibilitas dalam restyling.

   Namun perlu dipahami bahwa water-based pomade biasanya kurang tahan lama dibandingkan pomade berbasis minyak. Karenanya, pengguna mungkin memerlukan re-aplikasi beberapa kali jika harus beraktivitas seharian. Selain itu, jika digunakan di luar ruangan, produk ini mungkin lebih cepat kehilangan efek.

   Untuk yang tertarik menggunakannya, Playmaker Water-Based Pomade adalah salah satu alternatif yang tepat. Diformulasikan untuk semua jenis rambut, produk ini juga diperkaya dengan aloe vera extract, ginseng extract, dan panthenol yang membantu merawat rambut. Produk dari MS GLOW for Men ini memiliki kilau yang cukup tinggi sehingga membuat tampilan lebih fresh.

3. Clay-Based Pomade
Blog post

Credit: MS GLOW for Men

   Pomade berbasis clay, atau sering disebut dengan "clay pomade," mengandung bahan-bahan seperti kaolin dan bentonit. Pomade ini memberikan tekstur dan volume pada rambut, menjadikannya pilihan yang baik untuk gaya rambut yang kasual dan messy.

   Biasanya clay-based memberikan kilau rendah hingga sedang. Keunggulannya adalah memberikan tekstur dan volume pada rambut. Meski demikian, produk ini mungkin kurang sesuai jika kamu menginginkan gaya rambut klasik yang rapi.

   Jika jenis ini sesuai dengan rambutmu, coba produk Playmaker Clay-Based Pomade dari MS GLOW. Produk ini memberikan efek matte sehingga rambut tidak terlihat berkilau dan tampak alami. Meski demikian, ketahanannya tak kalah dari water-based pomade. Produk ini juga diperkaya dengan aloe vera extract, ginseng extract, dan panthenol yang baik untuk rambut.

4. Mix-Based Pomade
Credit: Unsplash.com/Andrea Donato

Credit: Unsplash.com/Andrea Donato

   Produk ini kombinasi pomade berbasis minyak dan air. Mix-based pomade memberikan kontrol yang seimbang, kilau seimbang, dan lebih mudah dicuci dibandingkan dengan pomade berbasis minyak murni. Namun tergantung pada komposisinya, beberapa produk mungkin kurang tahan lama dibandingkan pomade berbasis minyak.

   Demikian beberapa jenis pomade yang paling umum digunakan sehari-hari. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda, dan pilihan tergantung pada preferensi pribadi dan tipe rambut. Penting untuk mencoba beberapa jenis pomade untuk menemukan yang paling cocok. Jadi, selamat bereksperimen dengan gaya rambut ya!

BUY NOW

*untuk pembelian di seller terdekat & via COD